Buku panduan untuk guru mata pelajaran PJOK kelas VI SD.
Kualitas guru merupakan komponen penting bagi pendidikan yang sukses. Peran guru tak kalah penting dalam pembentukan karakter dan sikap peserta didi. Dibutuhkan guru yang bermutu dalam pengembangan intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik. Dalam metaksanakan tugas mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad XXI, guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Sepuluh standar pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru PJOK, antara lain pengetahuan akan isi pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan, perbedaan antarpeserta didik, manajemen dan motivasi, komunikasi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian terhadap peserta didik, refleksi, teknologi, dan kolaborasi. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, guru PJOK perlu memperoleh jaminan atas pemenuhan kebutuhan dasarnya sebagai pekerja profesi berupa kesempatan pengembangan karier dan mutu profesionalitas, perlindungan dalam pengabdian profesi, penghargaan dan perlindungan atas prestasi kinerja, dan kelayakan kesejahteraannya. Konsekuensi dari kondisi tersebut, pemerintah berkewajiban melaksanakan pengembangan kebijakan dan program peningkatan mutu profesionalitas guru PJOK secara terencana dan sistematis Untuk mengkaji peran guru PIOK dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi abad XXI, penulis menyajikan Buku Panduan Guru PJOK SO/MI. Buku ini terdiri atas Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus Pembelajaran PJOK SD/MI Kelas III. Diharapkan setelah membaca buku ini, Guru PJOK SD/MI Kelas III akan memahami peran dan fungsi Guru PJOK dalam menyiapkan peserta didik pada abad XXI. Dengan pemahaman tersebut, maka pada gilirannya Guru PJOK di Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Loading