Buku panduan guru mata pelajaran Seni Tari untuk SD/MI Kelas III (buku teks pemerintah)
Buku ini berisi mengenai pengetahuan dan prosedur kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan langsung untuk pembelajaran di kelas. Secara terstruktur buku ini menuntun guru untuk memahami konsep metodologis yang terdapat dalam prosedur kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan guru dapat mengembangkannya dengan berdasar pada materi seni setempat atau nusantara atau seni lainnya. Pembelajaran seni tari untuk SD/MI kelas 3 berisi materi seni untuk meningkatkan kompetensi seni dan kompetensi kepribadian peserta didik. Peningkatan kedua kompetensi ini dilakukan melalui rangkaian kegiatan apresiasi dan kreasi. Materi yang dipilih pada mata pelajaran seni tari, dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan peserta didik, sehingga ia mampu menyadari keragaman lingkungannya. Hal ini diperoleh pada materi unit pembelajaran "Gerak dan Ekspresi". Selanjutnya pada materi unit pembelajaran "Ayo Menari Bersama" berisi kegiatan untuk membangun kesadaran kerja sama antar peserta didik melalui berkreasi. Pada unit pembelajaran "Apresiasi Tari", berisi tentang pengenalan keberagaman dan keunikan budaya. Dengan demikian melalui tari, peserta didik menyadari pesan dan makna budaya. Peningkatan wawasan, keterampilan, dan kepribadian peserta didik diperoleh melalui rangkaian pembelajaran apresiasi dan kreasi yang dijabarkan dalam elemen pembelajaran mengalami, mencipta, berpikir dan bekerja artistik, merefleksi, dan berdampak. Dengan demikian setelah mengalami pembelajaran peserta didik dapat memahami materi seni sekaligus terbentuk aspek kepribadian yang tercantum dalam Profil Pelajar Pancasila.
Loading