Buku panduan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V (buku teks pemerintah)
Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V ini disusun untuk memenuhi kebutuhan guru di dalam melaksanakan pembelajaran. Buku Panduan Guru ini merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila pada jenjang SD Kelas V. Buku ini menyediakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa daLam pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan melalui pembelajaran kontekstual dan bermakna. Buku ini meliputi pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh guru sesuai dengan situasi dan kondisi Lingkungan dan karakter satuan pendidikan. Melalui Buku Panduan ini diharapkan guru dapat mengembangkan secara pribadi setiap konten, metode, model maupun langkah pembelajaran yang dirasa cocok untuk digunakan di satuan pendidikan tempat guru mengajar. Selanjutnya, Buku Panduan Guru ini juga disusun agar dapat dijadikan sebagai pendamping dalam penggunaan Buku Siswa Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V. Dalam praktiknya, Buku Panduan Guru ini menyajikan langkah-langkah pembelajaran yang secara simultan berorientasi pada penggunaan Buku Siswa Pendidikan Pancasila untuk SD/MIKelas V agar dapat mendorong siswa mencapai Profil Pelajar Pancasila. Secara umum, Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V ini dirancang dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dalam buku ini disajikan beberapa panduan pelaksanaan pembelajaran yang dilengkapi dengan target ketercapaian Profil pelajar Pancasila, materi esensial, media pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pembelajaran alternatif yang secara praktis dapat menjadi pijakan guru dalam mengembangkan pembelajaran di sekolahnya masing-masing. Selain itu, rancangan pembelajaran yang dikemas melalui buku ini seluruhnya berorientasi pada pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan demikian, harapan akan kebermaknaan pembelajaran dan capaian Profil Pelajar Pancasila oleh siswa dapat terwujud.
Loading