Buku yang berjudul Pendidikan Pancasila 4 ini merupakan buku pembelajaran untuk siswa kelas IV SD dan MI. Tujuan penyusunan buku ini untuk memperluas pengetahuan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas tentang Pendidikan Pancasila.
Buku pelajaran dengan judul ”Pendidikan Pancasila" ini disusun dengan menitikberatkan pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. Buku pelajaran ini mendukung proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar siswa secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun nonkognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dengan demikian, buku ini pun disusun dengan dilengkapi komponen sebagai berikut. 1. Materi disajikan dengan memakai bahasa yang sesuai perkembangan siswa. 2. Tugas yang bersifat individu ataupun kelompok (Ajang Kreatif Siswa, Inilah Karakterku, Aktivitas Browsing, dan Kegiatan Proyek Bersama Teman) disajikan dengan beragam variasi berupa diskusi, dan praktik/proyek sehingga menumbuhkan kreativitas dan kompetensi siswa. 3. Peta konsep memberikan gambaran materi pokok pembelajaran setiap babnya, dan dilengkapi dengan kata kunci. 4. Profil Pelajar Pancasila dan Elemen Profil Pelajar Pancasila memberikan gambaran nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan dan ditanamkan dalam proses belajar kepada siswa. 5. Rangkuman merupakan inti sari dari materi yang telah dijabarkan. 6. Potret Anak Indonesia mengajak siswa mengenal anak-anak Indonesia yang berprestasi. 7. Refleksi mengajak siswa untuk me-review segala hal yang telah dipelajari dalam satu modul. 8. Penilaian Harian dan Ulangan Semester merupakan latihan soal yang bisa dikerjakan siswa untuk mengukur daya serap peserta didik terhadap penguasaan materi pelajaran. 9. QR Code sebagai acuan sumber untuk memperkaya materi melalui media digital. 10. Soal HOTS merupakan soal yang mengajak siswa untuk memecahkan suatu masalah dengan berpikir kritis dan analitis. 11. Soal AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa. 12. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan tugas proyek yang diberikan kepada siswa untuk mengaplikasikan materi dalam kehidupan dengan berpedoman pada profil pelajar Pancasila.
Loading