Buku ini merupakan buku panduan guru yang digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK/MA Kelas XII.
Bahasa bukan sekadar alat komunikasi semata, melainkan juga media ekspresi dan dan alat untuk berpikir. Kemampuan berbahasa diarahkan untuk menggamit ilmu pengetahuan dan keterampilan agar kita memiliki kecakapan abad 21: berkolaborasi, berkomunikasi, berpikir kritis, dan bertindak kreatif. Kemampuan berbahasa merupakan pondasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa agar dapat mempelajari banyak hal. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mendesain pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat membantu siswa memahami serta menggunakan bahasa dan sastra Indonesia secara bermakna dan menyenangkan. Buku panduan guru ini menyajikan berbagai contoh tahapan pembelajaran dengan beragam model dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan, paparan materi pembelajaran, dan penilaian yang dapat dilakukan guru. Selain itu, berbagai saran dalam pembelajaran juga disajikan agar dapat membantu guru mencapai pembelajaran yang optimal. Diharapkan, para guru juga dapat memodifikasi dan memperkaya materi dan strategi pembelajaran sesuai dengan kondisi sekolah dan kearifan lokal di daerah masing-masing. Buku ini tentu saja bukan satu-satunnya sumber rujukan dan inspirasi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan menjadi guru pembelajar yang dapat menggunakan berbagai sumber inspirasi di sekitarnya untuk merancang pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif dan inovatif. Dengan demikian, guru akan mampu melahirkan siswa-siswa literat, yang mampu menjelma sebagai pelajar Pancasila.
Loading