Buku panduan guru untuk pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX SMP.
Buku ini menyajikan panduan untuk mengembangkan pembelajaran IPS yang terpadu melalui satuan tema-tema pembelajaran berkesinambungan. Bagian pertama buku ini berisi petunjuk umum yang membahas landasan pengajaran, sementara bagian kedua berisi petunjuk khusus yang membahas pengembangan pengajaran untuk setiap tema pembelajaran. Buku Panduan Guru ini perlu digunakan bersamaan dengan Buku Siswa. Buku Siswa berisi panduan pembelajaran bagi peserta didik, sementara Buku Panduan Guru berisi panduan pendampingan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Melalui pembelajaran aktif (active learning) dengan penekanan pada proses inkuiri, buku ini akan membantu guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat menstimulasi penguasaan kompetensi sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Harapannya buku ini dapat menjadi panduan awal untuk menerjemahkan kurikulum sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Lebih jauh, guru bersama peserta didik dapat mengembangkan materi dan metode pembelajaran yang disajikan untuk lebih menyesuaikannya dengan kebutuhan di lapangan.
Loading