Buku panduan guru mata pelajaran Matematika untuk SD Kelas III volume 1 (buku teks pemerintah)
Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III Vol. 1 ini diterjemahkan dari buku Mathematics for Elementary School - Teacher's Guide Book 3rd Vol. 1 yang diterbitkan oleh Gakkotosho CO., LTD., dalam Bahasa Jepang. Buku ini kemudian diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan melalui proses penyaduran agar sesuai dengan Capaian Pembelajaran Matematika (Revisi 2021) serta konteks budaya dan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Buku ini merupakan panduan bagi guru yang melakukan pembelajaran matematika menggunakan Buku Belajar Bersama Temanmu, Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III Vol. 1. Buku ini memuat penjelasan tentang struktur buku dan bagian-bagian buku yang ada di Buku Belajar Bersama Temanmu, Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III Vol. 1. Buku ini dilengkapi dengan uraian tujuan pembelajaran, materi prasyarat yang sudah dipelajari peserta didik di kelas sebelumnya, perkenalan materi yang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, aktivitas pemecahan masalah, dan penerapan lebih lanjut dalam bentuk petualangan matematika. Selain itu, dalam buku ini juga dilengkapi dengan pengembangan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru bersama peserta didik, tambahan soal guna membantu guru dalam memperdalam penyampaian materi kepada peserta didik, dan referensi tambahan yang dapat digunakan guru guna memperkaya pembelajaran matematika di kelas. Adapun materi yang dibahas dalam buku ini meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, durasi dan waktu, lingkaran dan bola, serta kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Terbitnya Buku Panduan Guru Belajar Bersama Temanmu, Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III Vol. 1 ini diharapkan dapat membantu guru untuk mengembangakan pembelajaran matematika yang menumbuhkan pola pikir logis peserta didik, menalar, membangun argumen, mengkomunikasikan gagasan matematis yang dimiliki, serta mengapresiasi kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik dengan lebih baik. Dengan demikian guru diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan matematika yang baik dan komprehensif dalam upaya membangun karakter manusia lndonesia yang utuh.
Loading