Buku ini merupakan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan buku siswa yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam upaya menumbuhkembangkan karakter peserta didik selaku hamba Allah Swt., dan sebagai warga negara Republik Indonesa yang memiliki karakter pelajar pancasila.
Buku ini merupakan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan buku siswa yang disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam upaya menumbuhkembangkan karakter peserta didik selaku hamba Allah Swt., dan sebagai warga negara Republik Indonesa yang memiliki karakter pelajar pancasila. Sebagaimana layaknya buku pegangan guru, buku ini disusun untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang profesional sesuai dengan metodologi pembelajaran abad 21, yakni: critical tinking skill, creativity, communication, dan collaboration. Selain itu, buku ini juga didesain untuk melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi (HOTS), serta mengenal dan mengamalkan ajaran Islam secara moderat yang penuh dengan kedamaian dan toleransi. Buku ini memuat capaian pembelajaran, alur capaian pembelajaran, dan indikator serta tujuan pembelajaran secara lengkap sebagai bahan perencanaan pembelajaran bagi guru. Di samping itu juga dilengkapi dengan aktivitas pembelajaran dan panduan penilaian pada tiap-tiap akhir pembelajaran. Semua yang termuat pada buku sifatnya hanyalah sebagai contoh dan tidak bersifat paten, untuk itu guru diberikan ruang untuk melakukan kreativitas dan berinovasi dalam pembelajaran sesuai dengan kondisi pembelajaran di daerah masing-masing. Dengan semangat dan ciri khas dari buku ini, diharapkan guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada jenjang sekolah dasar dapat mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran dengan baik dan maksimal.
Loading