Buku panduan guru mata pelajaran Seni Tari untuk SD/MI Kelas VI (buku teks pemerintah)
Buku ini menyajikan beberapa uraian materi pelajaran seni tari yang bersifat tekstual dan kontekstual. Utamanya, terkait dengan keberadaan potensi seni tari tradisional dan kreasi yang berkembang di daerah setempat dan Nusantara. Buku ini menggunakan beberapa pendekatandan model pembelajaran, seperti Scientific Learning, Inquiry Learning, Discovery Learning dan Project-Based Learning. Keempat model pembelajaran tersebut digunakan untuk mencapai tiga ranah kompetensi pembelajaran, yaitu kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor yang diimplementasikan dengan kegiatan pembelajaran mengalami, menciptakan, merefleksikan, berpikir artistik, dan berdampak. Untuk memudahkan dalam memahami isi buku ini, guru dapat mengikuti beberapa Langkah sebagai berikut: 1. Pahami terlebih dahulu judul setiap unit pembelajaran beserta tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada setiap unit pembelajaran tersebut! 2. Pahamilah deskripsi pembelajaran pada seriap unit! 3. Pahamilah materi-materi pokok pada setiap prosedur pembelajaran! 4. Pahami terlebih dahulu hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran! 5. Pahami terlebih dahulu cara melakukan penilaian hasil kegiatan peserta didik sesuai dengan instrumen dan rubik penilaian yang diuraikan di buku ini! Secara keseluruhan, buku ini menerapkan pendekatan pembelajaran student centered yang berpusat pada kegiatan belajar peserta didik. Posisi guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik dengan menempatkan peserta didik sebagai subjek yang melakukan kegiatan belajar.
Loading