Buku panduan guru mata pelajaran Seni Rupa untuk SD/MI Kelas VI (buku teks pemerintah)
Pada lingkup yang lebih luas, pendidikan seni rupa diharapkan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna peserta didik harus dapat mengekspresikan diri secara kreatif, dengan berbagai cara dan media serta berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna beragam kompetensi peserta didik yang meliputi konsepsi pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi, apresiasi dan kreasi harus terus dikembangkan dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika dan etika. Akhirnya, sifat multikultural mengandung makna bahwa pendidikan seni rupa harus mampu menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi peserta didik terhadap beragam budaya nusantara dan mancanegara. Buku panduan ini mencoba untuk mengakomodasi berbagai harapan tersebut. Buku ini juga diharapkan mampu memfasilitasi seni sebagai dasar pendidikan, serta proses pendidikan melalui seni. Buku ini lebih menekankan pembelajaran pada segi proses daripada hasil. Bukan tugas yang mudah bagi seorang guru untuk menjadikan pendidikan seni rupa agar mampu melatih keseimbangan rasional dan emosional, intelektualitas, dan sensibilitas dalam rangka bentuk kepribadian yang harmonis. Namun, jika bukan kita, siapa lagi? Salam hebat untuk guru-guru seni dimanapun anda berada.
Loading