img

Deskripsi

Buku pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas X SMA. Buku ini berisi fitur digital interaktif yang akan menampilkan konten-konten tersembunyi saat diklik berupa video dan lembar jawab interaktif. Produk interaktif ini penggunaannya dengan sistem sewa 1 tahun/2 tahun/3 tahun sesuai order produk.

Sinopsis

Buku pelajaran dengan judul "Belajar Pendidikan Pancasila" ini disusun dengan menitikberatkan pada pencapaian hard skills dan soft skills pada siswa. Pembelajaran Pendidikan Pancasila ini ditujukan untuk membentuk karakter siswa menjadi warga negara yang cerdas, amanah, jujur, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila menjadi salah satu mata pelajaran yang mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dalam praktik pembelajarannya berdasarkan empat pilar utama meliputi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian, buku ini pun disusun dengan sistematika berdasarkan Kurikulum Merdeka yang telah dikoordinasikan dengan kompetensi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sehingga buku ini memiliki keunggulan atau karakteristik sebagai berikut. 1. Materi disajikan dengan memakai bahasa yang sesuai perkembangan siswa dan didukung dengan penggunaan beragam model pembelajaran. 2. Tugas yang bersifat individu ataupun kelompok (Aktivitas Mandiri, dan Aktivitas Kelompok, Peta Pikiran, serta Uji Pemahaman Materi) disajikan dengan beragam variasi berupa diskusi, analisis, praktik/proyek dengan metode berpikir dan analisis sehingga menumbuhkan kreativitas dan kompetensi siswa. 3. Peta Konsep memberikan gambaran materi pokok pembelajaran setiap babnya, dan dilengkapi dengan Kata Kunci. 4. Profil Pelajar Pancasila dan Elemen Profil Pelajar Pancasila memberikan gambaran nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan dan ditanamkan dalam proses belajar kepada siswa. 5. Tujuan Pembelajaran memberikan gambaran pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) yang terkandung dalam Capaian Pembelajaran. 6. Alur Tujuan Pembelajaran memberikan tahapan atau rangkaian proses pembelajaran yang tersusun secara sistematis dalam subpokok bahasan penyajian materi dalam buku. 7. Pertanyaan Pemantik merupakan pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan untuk mendorong atau memotivasi dan menumbuhkan rasa keingintahuan siswa terhadap materi pembelajaran. 8.Ringkasan merupakan inti sari dari materi yang telah dijabarkan. 9. Info Publik memberikan tambahan pengetahuan kepada siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi. 10. Tokoh Publik mengajak siswa mengenal tokoh-tokoh bangsa yang berjasa bagi Indonesia. 11. Refleksi mengajak siswa untuk me-review segala hal yang telah dipelajari. 12. Evaluasi Bab dan Semester merupakan latihan soal yang bisa dikerjakan siswa untuk mengukur daya serap peserta didik terhadap penguasaan materi pelajaran. 13. Soal HOTS merupakan soal yang mengajak siswa untuk memecahkan suatu masalah dengan berpikir kritis dan analitis. 14. Soal AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa. 15. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan tugas proyek yang diberikan kepada siswa untuk mengaplikasikan materi pembelajaran dalam kehidupan dengan berpedoman pada 6 Profil Pelajar Pancasila.

Diskusi



Koleksi

Informasi Koleksi

  • Jumlah Terjual0
  • SKUA19411.007
  • E-ISBN0
  • PengarangBambang Tri Purwanto, Sunardi H.S.
  • PenerbitTiga Serangkai Pustaka Mandiri
  • Jumlah Halaman240 Halaman
  • Jenjang SMA/SMK
  • Sewa 1 tahun

    Rp.103.000
  • Sewa 2 tahun

    Rp.113.000
  • Sewa 3 tahun

    Rp.122.000
Rating Pembaca :