Buku Genius Book dan Genius Digital terbitan dari PT Sumber Media Kreasindo ditulis langsung oleh Bapak/Ibu Guru yang berpengalaman dalam mengajar sesuai bidangnya
Kehidupan manusia dalam peradabannya selalu membutuhkan pemenuhan energi salah satunya bersumber dari makanan dan minuman. Pengolahan makanan pada bidang kuliner dengan menggunakan berbagai teknologi memasak dari metode tradisional sampai dengan metode fussion modern mengembangkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Industri kuliner merupakan salah satu sektor dari industri kreatif yang ada di Indonesia. Bertahannya industri kuliner sampai saat ini tidak lepas karena salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu makan. Dalam perkembangannya, istilah kuliner digunakan dalam berbagai macam kegiatan yaitu seni persiapan, memasak serta seni penyajian makanan. Industri pariwisata yang menggerakan kuliner seperti hotel, restoran, café, kantin, resto, catering. Pada buku ini juga mempelajari tentang sejarah perkembangan memasak, perkembangan teknologi di bidang kuliner, komputerisasi dan perkembangan bidang kuliner. Peserta didik diharapkan dengan mudah berliterasi dan memahami perkembangan peralatan dari zaman dahulu hingga sekarang. Perkembangan industri kuliner saat ini membutuhkan orang orang yang memiliki komitmen dalam berwirausaha. Peluang bidang pariwisata dapat dikembangkan melalui usaha wirausaha bidang kuliner baik produk maupun jasa. Saat ini muncul usaha kuliner modern dengan memanfaatkan potensi lokal daerah yang ada di sekitarnya seperti resto, café, dengan sajian eksotik alam. Seorang wirausaha kuliner perlu menganalisis peluang usaha yang akan di laksanakan dengan melihat potensi, peluang, hambatan dan tantangan sebelum membuka usaha. Pelayanan prima akan menjadi kunci kesuksesan dalam melayani konsumen dalam pemenuhan. Pelayanan prima (Excellent service) diartikan sebagai pelayanan terbaik yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang menggunakan standar operasional yang digunakan pada suatu Lembaga/ perusahaan pemberi pelayanan Konsep pelayanan prima ( excellent service) meliputi Triple A yaitu : Attitude,attention, dan action. Agar konsep pelayanan prima lebih tercapai tujuannya dapat disempurnakan dengan prinsip 7A+ S diantaranya Attitude/ sikap. Ability/ kemampuan,Attention/ perhatian, Action/ Tindakan, Accountability/ tanggung jawab, Appearance/ penampilan,Sympathy/ simpati Berdasarkan pemahaman hal-hal diatas maka pengenalan buku ini bertujuan membuka wawasan peserta didik untuk mengenal industri kuliner yang berkembang dan membangun jiwa wirausaha dalam menciptakan perkembangan kuliner di era global melalui penerapan Dasar- Dasar Kuliner, penerapan metode memasak, pemilihan bahan makanan, dan pengolahan Teknik memasak yang sesuai